Kejelian Menangkap Perbedaan

Reinkarnasi dan kesungguhan membayar utang

Ada sebuah perusahaan asal Inggris bernama Court, perusahaan ini adalah perusahaan barang-barang kebutuhan rumah tangga, elektronik, dan furniture dengan sistem kredit. Mereka mempunyai cabang hampir di seluruh dunia dan sejak tahun 1995 mereka mendirikan outlet pertama kali di Denpasar, Bali. Sebelumnya, mereka terlebih dahulu mengadakan marketing intelegent di Indonesia untuk mempelajari bagaimana perilaku pasar bila dilihat dari berbagai faktor, seperti kesukuan, agama, atau kebiasaan-kebiasaan suatu daerah.

Hasil kesimpulan mereka berkaitan dengan budaya adalah tentang warna. warna untuk kaum muslim dominan hijau dan putih, sedangkan untuk keturunan Tionghoa merah. Sementara itu mereka berpendapat mengenai tanggung jawab pengembalian kredit terbaik ada di daerah Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Mengapa? Ada sebuah kepercayaan umat Hindu mengenai reinkarnasi dan karma. Jika seseorang berutang dan belum lunas hingga meninggal dunia, mereka akan dibangkitkan kembali menjadi seseorang yang miskin atau sial di kehidupan nantinya. Hal inilah yang dilihat oleh Court sebagai peluang bisnis.

Kekuatan inteligent menafsirkan adat istiadat, budaya, dan kepercayaan sebagai peluang bisnis ternyata cukup mengesankan. Bahkan, court juga membuka sebuah toko yang cukup besar di Malang, Jatim. Saya merasa heran dengan pilihan Court tentang ini, padahal budaya Jawa Timur sangat berbeda dengan Bali. Lantas, mengapa mereka berani mengambil risiko tersebut? Selagi berada di kota Malang, saya menyempatkan diri melakukan studi tentang Court di Jawa Timur. Dari informasi, saya menemukan ternyata banyak orang Bali yang tinggal di daerah Malang.

Budaya orang-orang Bali yang sangat konsisten dalam membayar utang sangat mempengaruhi daerah tersebut sehingga bank, BPR, koperasi simpan pinjam tumbuh subur, dan perekonomian daerah tersebut sangat cepat berkembang. Court melihat perubahan itu dan melihatnya sebagai sebuah peluang bisnis.

Marketing intelegent bertujuan untuk menentukan strategi dalam melakukan pengumpulan data yang biasanya menggunakan pikiran imajinatif pelanggan dan perilaku pesaing. Kemampuan menggunakan pikiran imajinasi adalah salah satu bagian terpenting dalam pengambilan keputusan.

Kumpulan data lapangan bisa digunakan untuk menentukan strategi perang bisnis. Kumpulan data ini bisa berupa perilaku pasar, lokasi supplier, kompetitor, harga, service yang diberikan hingga lokasi bisnis yang akan dibangun?

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter