Memanfaatkan Risiko

Selisih bisa jadi risiko yang menguntungkan

Saya mengingat sebuah konflik yang terjadi di Timur Tengah pada tahun 1990. Saat itu, saya bekerja di salah satu bank swasta. Keadaan genting di Timur Tengah cukup menyedot perhatian dunia. Seperti diketahui, Timur Tengah memegang peranan besar dalam perputaran minyak dunia. Harga minyak dunia sangat mempengaruhi nilai tukar mata uang di setiap negara. Pada saat itu, pimpinan kami, Pak Theo memperlihatkan ketajaman naluri dalam berbisnis. Saat itu, ia memerintahkan kami untuk membeli dollar. 

Awalnya kami semua sempat ragu dengan spekulasinya. Menurut kami, analisanya masih terlalu dini. Dengan rasa bingung, kami mengikuti keinginannya. Ternyata, prediksinya benar-benar terbukti. Nilai tukar dollar terus beranjak naik sesaat kami membeli dollar. Tentu saja, kami mendapatkan keuntungan yang besar. Kami semua takjub dengan kemampuan Pak Theo yang mampu membaca pasar dengan akurat. 

Kejadian ini membuktikan bahwa Pak Theo seorang entrepreneur sejati. Ia mampu membaca sebuah situasi dengan cepat dan akurat dan ia pun berani mengambil sebuah risiko dalam berbisnis. Itulah salah satu rahasia yang membuat Pak Theo selalu sukses dalam bidangnya.

Seseorang dengan mental entrepreneur tidak selamanya harus memiliki usaha sendiri, dia bisa bekerja dengan orang atau lembaga lain. Namun, biasanya mereka akan menuntut sistem bagi hasil karena lebih mudah memprediksi dan penuh tantangan. Sebagai seorang entrepreneur, menggunakan fasilitas orang lain adalah sebuah metode yang ampuh untuk dicoba. Entrepreneur sejati adalah seseorang yang berani mengambil sebuah risiko dengan calculated risk, yaitu sudah memperhitungkan terlebih dahulu risiko yang mungkin terjadi. 

Ada seorang profesional yang saya kenal, seorang vice president di sebuah bank swasta. la juga seorang analisa pasar valuta asing. Portofolio keuangannya cukup besar, bahkan banyak perusahaan yang dia putar dananya dalam portofolionya transaksi valasnya. Keberaniannya dalam mengambil risiko di setiap transaksi menjadi modal utama dalam bisnisnya. Ketajaman nalurinya membuat dia mampu membaca pasar.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter